RESEP OPOR SOLO

Opor Solo salah satu makanan khas dari kota solo, citarasa khas dari bumbu rempah dan gurihnya kuah santan dan kelembutan daging ayam yang lembut slalu menggugah selera para pecinta kuliner indonesia, ke khasan citarasa yang slalu di rindukan para pecinta kuliner . berikut saya tuliskan resep opor solo agar para pecinta kuliner dapat membuatnya di rumah tanpa harus mencari opor solo di luar rumah.

Bahan yang di gunakan:

1 ekor ayam muda yang sudah di bersihkan

2 butir kelapa yang tua

6 siung bawang merah

3 siung bawang putih

120 gr kemiri

10 gr ketumbar

5 gr jinten

3 lbr daun salam

1 btg daun sereh

100 gr lengkuas

Garam dan lada secukupnya

Cara membuatnya:

1. ayam muda dipotong- potong menjadi beberapa bagian.
2. buah kelapa dikupas kulitnya, kemudian diparut, tuang dengan 2 liter air, peras dan ambil santan kentalnya sisihkan, lalu tuangkan lagi 2 liter air, peras kembali dan ambil lagi santannya (encer),sisihkan.
3. bawang merah, bawang putih dikupas lalu ditumbuk bersama kemiri, ketumbar dan jinten, tumis sebentar lalu angkat, daun serai digeprek(dimemarkan) pangkalnya, begitu juga dengan lengkuas.
4. rebus daging ayam besama dengan santan encer, masukkan serai dan lengkuasnya, biarkan hingga santan mulai mengering, setelah matang / mengering, tuangkan santan kental bersama bumbu sambil di aduk sebentar agar bumbu-bumbu meresap, berikan garam dan lada secukupnya, aduk beberapa saat hingga kuah mengental, dan angkat.
5. sajikan bersama kupat, atau lontong  agar lebih nikmat.

semoga resep opor solo ini dapat membantu para pecinta kuliner di indonesia yang ingin merasakan opor solo tanpa harus jauh-jauh membelinya di solo, dan mencoba memasaknya di rumah.
RESEP OPOR SOLO RESEP OPOR SOLO Reviewed by Berbagi on 09.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.